Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagian Daun, Susunan Daun, Alat Tambahan Daun, Tangkai Daun, Helaian Daun

Konten [Tampil]
Daun merupakan suatu bagian tumbuhan yang penting dan pada umumnya tiap tumbuhan mempunyai sejumlah besar daun. Alat ini hanya terdapat pada batang saja dan tidak pernah terdapat pada bagian lain pada tumbuhan. Bagian batang tempat duduknya atau melekatnya daun dinamakan dengan buku-buku (nodus) batang, dan tempat diatas daun yang merupakan sudut antara batang dan daun dinamakan ketiak daun (axilla).
Bentuk daun yang tipis melebar, warna hijau, dan duduknya pada batang yang menghadap ke atas itu memang sudah selaras dengan fungsi daun bagi tumbuhan yaitu sebagai alat untuk :

  1. Pengambilan zat-zat makanan (resorbsi) terutama yang berupa zat gas (CO2) 
  2. Pengolahan zat-zat makanan (asimilasi)
  3. Penguapan air (transparasi)
  4. Pernafasan (respirasi)

BAGIAN-BAGIAN DAUN

Daun yang lengkap harus mempunyai bagian-bagian  daun sebagai berikut :
  1. Upih daun atau pelepah daun (Vagina)
  2. Tangkai daun (Petiolus)
  3. Helaian daun (lamina)
Daun lengkap dapat kita jumpai pada beberapa tumbuhan misalnya pohon pisang, pohon pinang, dll. Tumbuhan yang mempunyai daun yang lengkap tidak begitu banyak ditemui kebanyakan tumbuhan yang mempunyai daun yang kehilangan satu atau dua bagian daun, itu dinamakan daun tidak lengkap.

SUSUNAN DAUN

Mengenai susunan daun yang tidak lengkap ada beberapa kemungkinan 
Hanya terdiri dari tangkai dan helaian saja, lazimnya disebut dengan “Daun Bertangkai”, misalnya : nangka, mangga dll
  1. Daun Berupih atau Daun Pelepah, yaitu terdiri atas daun yang mempunyai upih atau pelepah dan helaian saja, misalnya padi, jagung dll.
  2. Daun hanya terdiri atas helaian saja tanpa upih dan tangkai sehingga helaian langsung melekat pada batang atau bisa dinamakan Daun Duduk, misalnya pada daun Biduri.
  3. Helaian daun semu / Palsu, daun hanya terdiri atas tangkai saja dan dalam hal ini tangkai tadi biasanya lalu menjadi pipih sehingga menyerupai helaian.

ALAT-ALAT TAMBAHAN DAUN

Daun pada saat tumbuhan seringkali mempunyai alat-alat tambahan atau pelengkap, diantaranya adalah :

1. Daun penumpu (Stipula), biasanya berupa dua helai lembaran serupa daun yang kecil, yang terdapat dekat dengan pangkal daun, menurut letaknya daun penumpu dapat dibedakan dalam :
  • Daun penumpu yang bebas terdapat di kanan kiri pangkal daun disebut Daun Penumpu Bebas (Stipula Liberae) misalnya pada kacang tanah
  • Daun penumpu yang melekat pada kanan kiri pangkal tangkai daun (Stipula Adnatae) contohnya pada mawar
  • Daun penumpu yang berlekatan menjadi satu yang mengambil tempat berhadapan dengan tangkai daun dan biasanya agak lebar hingga melingkari batang (Setipula Petiola Opposita atau Stipula Antidroma)
  • Daun penumpu yang berlekatan menjadi satu dan mengambil tempat didalam ketiak daun (Stipula Intrapetiolaris)
  • Daun penumpu yang berlekatan dan mengambil tempat antara dua tangkai daun yang biasa disebut Daun Penumpu Antar Tangkai (Stipula Interpetiolaris)
2- Selaput bumbung (Ochrea) alat ini berupa selaput tipis yang menyelubungi pangkal suatu ruas batang
3- Lidah-lidah (Ligula), suatu selaput kecil yang biasanya terdapat pada antara upih dan helaian daun pada rumput, berguna untuk mencegah mengalirnya air hujan kedalam ketiak antara batang dan upih sehingga mencegah pembusukan.

TANGKAI DAUN

Tangkai daun merupakan daun yang mendukung helaiannya dan bertugas untuk mendapatkan dan menempatkan helaian daun pada posisi sedemikian rupa, sehingga dapat memperoleh cahaya matahari yang sebanyak-sebanyaknya.
Umumnya tangkai daun berbentuk silinder dengan sisi atas agak pipih dan menebal pada pangkalnya. Jika dilihat pada penampang melintangnya dapat kita jumpai kemungkinan-kemungkinan berikut
  1. Bulat dan berongga misalnya tangkai daun pepaya
  2. Pipih dan tepinya melebar (bersayap) misalnya pada jeruk
  3. Bersegi
  4. Setengah lingkaran dan seringkali sisi atasnya beralur dangkal atau beralur dalam seperti pada tangkai daun pisang.
Selanjutnya jika ditinjau keadaan permukaannya tangkai daun dapat memperlihatkan adanya kerutan –kerutan, sisik-sisik, rambut-rambut, lantisel dll.

HELAIAN DAUN

Tumbuhan yang demikian banyak macamnya itu mempunyai  daun yang berbeda-beda pula, baik mengenai bentuk, ukuran, maupun warnanya. Tidak mudah untuk menentukan dua jenis tumbuhan yang helaian daunnya persis sama bentuk dan warnanya.
Sebatang pohon dapat mempunyai hanya beberapa helai saja misalnya daun pisang, tetapi dapat pula sebatang pohon mempunyai ribuan daun, misalnya pohon beringin, apakah jumlah daun pada suatu tumbuhan adalah sama satu sama lain, terutama bangun dan helaiannya, kalau ada perbedaan maka biasanya hanya mengenai ukuran dan warnanya,

Sifat-sifat daun yang perlu mendapat perhatian ialah :
  1. Bangun daun (circumsciptio) ini adalah bentuk sesungguhnya dari helaian daun
  2. Ujung daun (apex) bentuk dari ujung daun adalah beraneka ragam seperti : runcing, meruncing, tumpul, membulat, rompang, terbelah dan berduri.
  3. Pangkal daun (Basis Folli)
  4. Susunan tulang-tulang daun (Nercatio atau Venatio) tulang-tulang daun adalah bagian daun yang berguna untuk : Memberi kekuatan pada daun & Berkas-berkas pembuluh atau pengangkut zat-zat
  5. Tepi daun, bisa dibedakan dua macam (1) Yang rata dan (2) yang bertoreh
  6. Daging daun
  7. Dan sifat-sifat lain lagi, misalnya keadaan permukaan atas maupun bawahnya (gundul, berambut, atau lainnya) warna dll.


Mau hasilin uang dari Affliate Marketing?? Gabung aja di Ecomobi.com/register. Promosi MUDAH seperti website https://pricemarket.net. Hanya dengan plugin WPHARGAPRO dari Themeson.com dan Hosting dari Niagahoster.com (masukkan kode Kupon : a-DISKONIAGAHOST) Anda akan memiliki website yang Anda IMPIKAN