Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Marvell Technologies – Bukti Sepak Terjang Pengusaha di Indonesia

Konten [Tampil]

Marvell Technology merupakan sebuah perusahaan semikonduktor yang cukup ternama di pasaran. Produk-produknya telah digunakan dikurang lebih 50% prosesor hardisk dipasaran. Tidak hanya itu saja, chip buatan Marvell juga sudah banyak tertanam dalam ponsel. Perlu untuk diketahui bahwa pada tahun 2006 perusahaan ini berhasil menarik perhatian dunia karena sudah membeli salah satu divisi dari intel, yaitu Divisi Xscale Prosessor dari raksasa mikroprosesor tersebut.

Marvel ini didirikan pada tahun 1995, setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, Marvel Technology Group Ltd beroprasi diberbagai belahan dunia dan memiliki sekitar 5.700 karyawan. Marvell AS berpusat di Santa Clara, California dan masih memiliki cabang perusahaan lainnya yang berlokasi di Eropa, Israel, India, Singapura dan China. Di Amerika Serikat, Marvell memiliki kantor perusahaan di 16 negara selain AS.


Adapun tokoh yang berada di balik kesuksesan Marvell Technology adalah seorang pengusaha Thionghoa dari Indonesia yang bernama Sehat Sutardja. Sehat Sutardja lahir di Jakarta pada 9 Juli 1961. Semenjak masih anak-anak, Sehat Sutardja sudah memiliki mimpi besar untuk menciptakan hal-hal hebat yang muncul dari piranti elektronik. Sehat Sutardja mulai dengan elektronik, saat tanpa sengaja menemukan buku Fisika milik saudaranya yang membahas soal listrik, rangkaian, kapasitor, resistor, dan sebagainya.

Sehat Sutardja berhasil menyelesaikan pendidikan menengahnya di Kolese Kanisius. Ia lulus pada tahun 1980. Setelah itu, Sehat Sutardja pun melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Iowa, Amerika Serikat. Sehat berhasil manamatkan pendidikannya di pendidikan pascasarjana Master of Science (M.Sc) dan juga gelar Ph.D. dalam bidang teknik elektrik dan ilmu komputer di Universitas California, Berkeley.

Bersama dengan Pantas Sutardja, Sehat pun membangun Marvell Technology dan menyelami bisnis IT yang ganas dan fast-track. Mereka sadar bahwa mereka adalah pemain baru. Namun hal tersebut sama sekali tidak membuat nyali mereka mengecil. Mereka tetap yakin bahwa usaha mereka pasti akan berbuah manis. “ketakutan itulah yang menjadi penghalang utama bagi kemajuan seseorang. Selama seseorang masih dipenuhi rasa takut, maka jalan mereka menuju kesuksesan pasti akan terhambat.” Ucap sehat ketika ia berada di Jakarta.

Perlahan-lahan sehat beserta isterinya dan juga Pantas Sutardja pun mengumpulkan modal. Setelah terkumpul cukup, ia pun segera mendirikan sebuah perusahaan yang telah diimpikannya selama ini, yaitu Marvell Technology “saya mendirikan Marvell dengan modal US$ 350,000 sekarang pendapatan perusahaan saya US$ 3,5 per tahun” tutur Sehat Sutardja.


Pada awal pendirian Marvell, mereka rela untuk tidak menggaji diri mereka sendiri dan bersedia hidup dalam kesederhanaan. Sebagian besar dari waktu mereka pun sepenuhnya untuk Marvell. Jangankan untuk mereka bersenang-senang, untuk bertemu dengan keluarga pun mereka jarang sekali. Mereka benar-benar harus bekerja keras agar produk pertama mereka muncul di pasaran. Mereka pun masih dihadapkan dengan masalah baru, yaitu bagaimana caranya untuk menyakinkan pembeli agar mereka membeli produk mereka tersebut.

Usaha dan ketekunan mereka pun berbuah manis. Pada tahun 2003, Ernest & Young menganugerahi Sehat dan juga istrinya sebagai Enterpreneur of the Year. “Penghargaan tersebut merupakan awal dari perjuangan kami. Setidaknya, kami harus bisa mempertahankan dan bertanggung jawab atas kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat kepada kami.” Ucap Sehat Sutardja sambil mengurai senyum kebahagiaan.

Saat ini perusahaan Marvell Technology sudah menjadi perusahaan yang cukup besar. Namanya sudah tidak bisa diremehkan lagi. Pada tahun 2011 lali. Marvell Technology sudah berhasil mengantongi pendapatan yang fantastis. Prestasi tersebut secara langsung telah menobatkan Sehat Sutardja sebagai orang terkaya nomor 10 di Dunia.  

Sumber : 101 Imperium Business Idea


Mau hasilin uang dari Affliate Marketing?? Gabung aja di Ecomobi.com/register. Promosi MUDAH seperti website https://pricemarket.net. Hanya dengan plugin WPHARGAPRO dari Themeson.com dan Hosting dari Niagahoster.com (masukkan kode Kupon : a-DISKONIAGAHOST) Anda akan memiliki website yang Anda IMPIKAN