Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Nutrisi Yang Sangat Diperlukan Untuk Kesehatan Mata Anda

Konten [Tampil]

7 Nutrisi Untuk Mata”. Jadi, gangguan atau penurunan fungsi penglihatan itu pasti akan dialami oleh semua orang. Terutama bagi mereka yang memasuki usia lanjut. Namun, penurunan fungsi penglihatan ini bisa kita cegah dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin yang berguna untuk mata. Memang benar semakin bertambahnya usia, otomatis fungsi dari organ kita akan mengalami penurunan. Tetapi tentu saja kita tidak mau penurunan itu terjadi dengan sangat cepat. Kalau bisa pelan-pelan. Caranya bagaimana?. 

Yang pertama adalah memperbaiki pola hidup dan makanan yang kita makan. Disini saya akan membahas 7 vitamin yang berfungsi untuk menjaga mata kita agar tetap sehat. Jadi, sebelum membahas ‘apa saja sih 7 vitamin untuk mata?’. Saya bacakan dulu disini ada penelitian sehubungan dengan penyakit mata yang disebabkan oleh usia yang dilakukan pada tahun 2001,. yang disponsori oleh National Eye Institute menemukan bahwa diet yang buruk adalah salah satu faktor terbesar penyebab Age Related Macular Degeneration dan katarak. Asupan vitamin C, vitamin E, beta carotene dan zinc dapat secara signifikan mengurangi resiko dan merupakan natural treatment yang sangat baik untuk Macular Degeneration dan katarak. Jadi, itu adalah penelitiannya. Dan diperkirakan kurang lebih setengah dari populasi orang dewasa akan menderita katarak ketika mereka mencapai usia 75 tahun. 

Jadi, ada beberapa vitamin yang dapat anda konsumsi untuk mencegah penurunan fungsi mata yang cepat ketika anda berusia lanjut.

1. Lutein

Vitamin yang pertama adalah Lutein. Lutein mengandung antioksidan dan mengandung anti peradangan yang dapat menjaga mata anda agar tetap sehat. Anda bisa mendapatkan lutein ini dari buah-buahan, citrus, kuning telur, dan sayur-sayuran lainnya yang berwarna oranye. Disini ada penelitian dari Harvard University tentang lutein. Mereka menemukan bahwa dengan mengkonsumsi lutein 6mg/hari, maka dapat menurunkan resiko Macular Degeneration hingga 43%. Jadi, itu adalah penelitian tentang lutein. Lalu, selanjutnya apa? 

2. Zeaxanthin

Yang kedua adalah Zeaxanthin. Zeaxanthin ini juga merupakan jenis keratinoid yang terbaik untuk mata anda. Jadi seperti halnya lutein, zeaxanthin juga dapat menjaga jaringan mata, lensa dan macula. Sehingga dapat membantu penglihatan anda agar lebih baik dan mencegah penyakit mata seperti katarak pada usia lanjut. 

Baca Juga : 4 Tipe Jenis Laptop Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Para Penggunanya

3. Vitamin C

Lalu yang ketiga adalah vitamin C. Jadi vitamin C selain yang seperti kita ketahui untuk memperkuat sistem imun, vitamin C juga dapat mencegah flu, batuk, dan sebagainya,. vitamin C ini juga dapat membantu mengurangi resiko kita terkena katarak. Biasanya dikombinasikan dengan vitamin E. Darimana kita mendapatkan vitamin C? Kita bisa mendapatkannya dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar. Bagi anda yang merasa kesulitan, anda bisa membeli suplemen. Carilah bahan-bahan yang alami dan tentu saja tidak mengandung pewarna dan pemanis buatan, apalagi pengawet. 

4. Vitamin E

Kemudian nomor empat, yaitu vitamin E. Jadi seperti yang disebutkan tadi, vitamin C dan vitamin E sama-sama dapat menjaga kesehatan mata. Jika vitamin C tadi dapat larut di dalam air, sementara vitamin E adalah vitamin yang tergolong fat soluble atau vitamin yang larut dalam lemak. Kedua vitamin ini dapat menjaga tubuh kita dengan antioksidan. Begitu pula dengan organ mata kita. Setelah vitamin C dan vitamin E, kita lanjut ke yang berikutnya, 

5. Zinc

Nomor ke lima yaitu zinc. Zinc adalah salah satu mineral yang berfungsi juga untuk menjaga agar mata kita tetap sehat. Zinc disini juga dapat membantu untuk mengurangi faktor resiko terjadinya Macular Degeneration dan katarak. Zinc juga berperan penting dalam cell division dan cell growth yang menjaga kestabilan sirkulasi, kemudian mencegah sistem imun kita terlalu aktif. Jika sistem imun kita terlalu aktif, maka akan menyerang diri kita sendiri atau kita sebut dengan auto immune. Zinc sangat berperan penting disini, dan juga bersifat anti peradangan atau mencega peradangan yang disebabkan oleh ‘sitokin’. Jadi, zinc ini benar-benar mineral yang sangat membantu kita. 

6. Vitamin A

Kemudian vitamin yang selanjutnya adalah vitamin A atau kita kenal dengan Beta Karoten. Dulu ketika SD kita sering belajar, “Vitamin yang baik untuk mata vitamin apa?”. “Vitamin A”. Tetapi ternyata disini ada tujuh. Dan vitamin A adalah salah satunya. Anda bisa menemukannya pada sayur-sayuran berwarna oranye atau merah. Contohnya seperti wortel, yang mengandung vitamin A sangat tinggi. Jadi bagi anda yang tidak suka makan sayuran terutama wortel, silahkan dimakan. Mungkin ada teman anda yang mengejek, “Ih, makan wortel kayak kelinci aja..”. Tetapi kalau anda tahu fungsinya, lebih baik anda mengkonsumsi sayur-sayuran tersebut. Jadi, vitamin A ini memang sangat baik untuk mata. 

Baca Juga : 5 Gadget Canggih Yang Akan Mempermudah Para Pelajar

Dan disini saya akan membacakan sebuah jurnal, yaitu dari American Academy of Ophthalmology. Bahwa kita membutuhakn vitamin A yang memadai untuk mencegah Xerophthalmia dan rabun senja. Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan vitamin A dengan antioksidan lainnya dapat memperlambat proses dari kerusakan syaraf seperti Diabetic Neuropathy. “Diabetic Neuropathy Iitu apa?”. Diabetic Neuropathy adalah kerusakan syaraf yang disebabkan oleh diabetes atau kencing manis. Jadi, vitamin A juga dapat mencegah hal tersebut. Vitamin A ini sangat luar biasa. 

7. Omega-3

Kemudian yang terakhir adalah Omega-3. Jadi, kita semua sudah mengetahui bahwa asam lemak omega-3 ini bahwa berasal dari ikan. Jadi ada EPA dan DHA. Kemudian ada juga yang berasal dari tumbuhan. Biasanya kita dapatkan dari Chia Seed atau Flax Seed. Dan ini juga bagus sebagai anti peradangan. Jadi selain bagus untuk mata, juga bagus untuk tubuh anda. Karena dewasa ini, banyak penyakit-penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyak peradangan di dalam tubuh kita. 

Kembali lagi pada makanan kita dan lifestyle kita. Jadi, itu semua adalah 7 nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga agar mata anda tetap sehat hingga usia lanjut. Jadi saya ulangi, yang pertama adalah lutein, kemudian zeaxanthin, vitamin C, vitamin E, kemudian ada zinc, vitamin A dan omega-3. Pastikan semua zat-zat atau nutrisi tadi ada dalam makanan anda sehari-hari, usahakan ada dalam menu makanan anda. Mungkin pagi sudah ada vitamin A dan vitamin E. Lalu siangnya ada lagi bahan makanan lain. 

Keyword: nutrisi mata yang bagus,nutrisi mata minus terbaik,nutrisi mata minus tiens,nutrisi mata karotamin,nutrisi mata madu pramuka,nutrisi mata pdf,nutrisi mata terbaik,nutrisi mata kering,nutrisi mata lele,nutrisi buat mata,nutrisi bulu mata,nutrisi yang dibutuhkan mata,harga nutrisi mata minus,nutrisi kesehatan mata,nutrisi untuk kesehatan mata,mata kuliah nutrisi dan teknologi pakan ipb,mata kuliah nutrisi tanaman,mata kuliah nutrisi dan teknologi pakan,kandungan nutrisi mata lele,mata kuliah nutrisi ikan,nutrisi yang menunjang kesehatan mata,nutrisi lensa mata,nutrisi untuk mata lelah,obat nutrisi mata,nutrisi untuk mata plus,memberi nutrisi pada mata,nutrisi untuk penyakit mata,yang memberi nutrisi pada mata,penipuan nutrisi mata,review nutrisi mata,nutrisi saraf mata,nutrisi untuk mata sehat,nutrisi untuk saraf mata,nutrisi untuk syaraf mata,suplemen nutrisi mata,testimoni nutrisi mata,nutrisi untuk mata kering,nutrisi utk mata,obat nutrisi untuk mata,nutrisi terbaik untuk mata,nutrisi dan vitamin mata,vitamin nutrisi mata