Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Definisi Umum Tanah

Konten [Tampil]

Definisi umum tanah

Pada umumnya, tanah berarti bagian permukaan terpisah dari bumi dan bulan sebagaimana dibedakan dari batuan yang padat. Banyak orang bila memikirkan kata tanah membayangkan suatu bahan yang memberi makan dan mendukung tumbuhan yang sedang tumbuh. Pengertian seperti ini lebih karena definisi seperti ini mencakup tidak saja tanah dalam arti biasa, tetapi juga batuan, air, salju dan bahkan udara yang semuanya mampu mendukung kehidupan tumbuhan. Tentu saja, petani mempunyai konsep-konsep tanah yang lebih praktis, dengan menganggap sebagai media tempat tanaman budidaya tumbuh. Sebaliknya insinyur sipil memandang tanah sebagai bahan yang mendukung bangunan dan jalan. Pendeknya kata tanah mempunyai banyak arti dan akan digunakan dalam berbagai cara.

Tanah sebagai pijakan bumi

Manusia pertama di bumi tentu sudah menyadari bahwa tanah merupakan landasan yang mendukung kegiatan dan tempat tinggal mereka. Tanah mempengaruhi lokasi jalan rintis dan tempat berkemah. Pada awal peradabannya manusia telah mengenal berbagai kemampuan daerah yang berbeda-beda untuk pertumbuhan tanaman dan hewan, tetapi bisa saja tidak terpikirkan bahwa keadaan tersebut berhubungan dengan perbedaan tanah. Pengenalan tanah sebagai medium untuk pertumbuhan tanaman timbul jauh sesudah itu.

Tanah sebagai medium untuk pertumbuhan tanaman

Dengan dimulainya pertanian sekitar 10.000 tahun yang lalu, kebudayaan manusia sampai pada pandangan berburu tanah merupakan medium untuk pertumbuhan tanaman. Pada tahun 3000 SM desa-desa pertanian bermunculan hingga ke Skandinavia di Eropa. Para petani tersebut telah mengenal perbedaan tanah dan lebih menyukai tanah berlumpur halus (tanah yang berkembang dari loes yaitu lumpur halus yang tertiup angin).

Klasifikasi tanah yang tertua diperkirakan telah dikembangkan di China 4000 sampai 5000 yang lalu. Klasifikasi ini didasarkan pada kemampuan tanah untuk memberikan hasil pertanian dan untuk menentukan pajak. Orang-orang yunani dan Roma juga sadar akan perbedaan tanah untuk pertanian, dan mereka mengembangkan banyak praktek pengelolaan tanah yang masih digunakan sekarang. Dari semua konsep tanah, yang paling penting bagi kebanyakan orang adalah konsep tanah sebagai medium untuk pertumbuhan tanaman. Dengan berlalunya hari demi hari konsep ini menjadi lebih penting sejalan dengan meningkatkanya populasi di dunia.

Tanah sebagai mantel batuan yang lapuk

Ahli Geologi menjadi tertarik pada tanah sebagai produk pelapukan. Karya ilmiah awal tentang tanah di Amerika Serikat didominasi oleh geologi, dan tanah diklasifikasikan sebagai aluvial, residual, kapur, silikon, pasir, tanah liat, dan sebagainya. Dikenal adanya penambahan bahan organik pada bagian atas mantel yang lapuk atau regolit. Karena regolit dapat terkena erosi dan akhirnya diangkut ke samudra, tanah dapat dianggap sebagai “batuan dalam perjalanan ke laut” akan tetapi dalam perjalanan tanah bertindak sebagai medium untuk pertumbuhan tanaman.


Keyword:

definisi tanah menurut para ahli
pengertian tanah secara umum
pengertian tanah pdf
artikel tentang tanah
komponen tanah
jurnal pengertian tanah menurut para ahli
definisi tanah berdasarkan ilmu pertanian modern
jabarkan yang anda ketahui tentang definisi tanah

Post a Comment for "Definisi Umum Tanah"