Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Apa Itu Domain? Berikut Pengertian dan Tips Dalam Memilih Domain Untuk Website/Blog Anda

Konten [Tampil]
pengertian domain dan tips memilih domain

Apa Itu Domain ?

Kali ini akan menjelaskan secara lengkap apa yang disebut dengan domain dan tips memilih domain yang tepat bagi website. Domain merupakan nama unik yang akan mengantarkan kalian menuju website yang ingin kalian tuju tanpa harus menggunakan IP address. Domain berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah web hosting. Contoh domain misalnya Manfaatke.com. Manfaatke merupakan website yang ingin kalian tuju, sedangkan .com merupakan ekstensi domain yang dipilih. Dengan adanya nama domain kalian tidak perlu repot-repot untuk mencari IP address yang berupa kombinasi angka yang unik. Jadi, lebih simple.

Ekstensi domain atau TLD, itu terdapat dua jenis Yang pertama adalah gTLD dan yang kedua adalah ccTLD. Yang pertama ada gTLD (Generic Top Level Domain) yaitu domain yang paling umum dan paling banyak digunakan. misalnya, .com, .net, .biz, dan lain-lain. Yang kedua ada ccTLD (Country Code Top Level Domain) yaitu ekstensi domain yang digunakan untuk menunjukkan bahwa website tersebut diperuntukkan untuk masyarakat di negara tertentu, misalnya, .id untuk di Indonesia, .kr untuk di Korea, .sg untuk di Singapura dan lain-lain. Di Indonesia sendiri banyak terdapat variasi domain yang dapat digunakan perusahaan untuk melengkapi URL mereka, Misalkan, .ac.id biasanya digunakan institusi akademis seperti sekolah atau perguruan tinggi, Kemudian ada .co.id yang biasa digunakan untuk organisasi komersil yang diperuntukan bagi perusahaan.

Tips Memilih Domain

Setelah mengerti apa itu domain berikutnya adalah tips memilih domain yang tepat bagi website kalian.
  1. Yang pertama, Kalian harus menghindari konotasi negatif dari nama domain kalian. 
  2. Yang kedua, Mudah diingat dan disebutkan. 
  3. Yang ketiga, Tidak perlu panjang. dalam memilih domain jangan terlalu panjang karena kalo kepanjangan audiens blog anda nantinya akan sulit mengingat nama blog anda 
  4. Yang keempat, Sesuai dengan tema website atau brand bisnis kalian. 
  5. Yang kelima, Sisipkan kata kunci Tapi jangan ngotot biar ngga aneh. 
  6. Yang keenam, Pastikan kalian memilih ekstensi yang paling sesuai. Misalkan ekstensi kalian sudah diambil sama orang lain jangan khawatir, soalnya masih banyak banget di luar sana nama domain yang bisa kalian pakai dan kalian sesuaikan sendiri dengan kebutuhan masing-masing. Karena di luar sana masih banyak banget ekstensi domain yang menarik yang bisa kalian pakai selain .COM. Misalnya ada .SITE, .STORE .SPACE dan masih banyak lagi.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai apa itu domain semoga dapat memberikan informasi kepada Anda, mau mulai membuat Blog ? dan kalian ingin membeli domain atau bahkan hosting kalian bisa beli di Niagahoster melalui link berikut ini https://www.niagahoster.co.id/ dan jangan lupa masukkan kode kupon a-Manfaatke untuk mendapatkan diskon menarik.

Post a Comment for "Apa Itu Domain? Berikut Pengertian dan Tips Dalam Memilih Domain Untuk Website/Blog Anda"