Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Brand? Brand Adalah...

Konten [Tampil]
Brand dan Branding, pengertian brand, pengertian branding, apa itu brand, apa itu branding

Apa itu branding. dan bagaimana branding membantu usaha kamu. kali ini akan membahas mengenai branding yang sangat berperan di Bisnis Anda. kita ambil contoh IPhone yang mempunyai harga yang sangat mahal jika dibandingkan dengan brang smartphone lainnya, ada yang mengangkat bahwa harga iphone itu sebenarnya hanya 6 juta rupiah. Wuaa. Dijual berapa? 18 juta sampai 20 juta sekian, artinya 3 kali lipat dari harga sebenarnya, kenapa bisa begitu? disini sebetulnya kita melihat fenomena brand. bagaimana brand itu bisa membuat kita membeli sebuah barang yang harga aslinya lebih tinggi dari pada harga pembuatannya.

Bahkan iphone ataupun semua produk apple. lihat! ketika dia rilis akan ada antrian di semua tempat penjualanya dan itu gak terjadi di hp-hp yang lain. nah, ini sebenarnya adalah bagaimana branding bekerja kalau kita ngelihat dulu sejarahnya ya. branding itu dulu awalnya adalah di peternakan sapi bagaimana ketika sapi itu di beri label, di beri cap. untuk membedakan mana sapi yang susunya bagus mana yang enggak. Berangsur-angsur setelah dari peternakan sapi di gunakan di bisnis-bisnis lainya. penjahit, tukang kayu.

Brand adalah identitas misal kita akan masuk ke sebuah supermarket di situ keadaanya kita haus, panas. kemudian kita membuka showcase kita membuka kulkas dari supermarket itu. apa yang kita lihat? akan ada banyak sekali jenis-jenis minuman yang berwarna-warni. Nah, disini brand bekerja. misal produk kita adalah sebuah minuman. bagimana produk kita itu di pilih oleh konsumen tapi bukan konsumen yang membandingkan harga ya. karena dengan adanya brand kita sudah lepas dari harga. jadi ketika konsumen masih cari harga paling murah itu berarti brand kita belum bekerja.

Ada juga contoh yang menarik ketika dimana pada tahun 2004 itu ada sebuah survey ketika minuman bersoda CocaCola, pasti tau ya. dan Pepsi. ketika ada percobaan survey test rasa antara cocacola dan pepsi dimana disitu blind test Responden tidak tau mana yang cocacola mana yang pepsi kemudian di lakukan uji coba, Hampir semuanya itu lebih suka pepsi. Tetapi ketika di lakukan test kemudian dengan responden yang sama pada test yang kedua ini brandnya di buka mreknya di buka ini yang pepsi ini yang cocacola. Hampir semuanya yang memilih pepsi pada test sebelumnya itu lebih memilih cocacola. Kenapa itu terjadi? karena ternyata brand cocacola lebih mengalahkan pepsi. meskipun semua orang sudah bilang bahwa rasa pepsi lebih baik. Dengan memiliki brand yang bagus, brand yang kuat, brand yang nancep di pemikiran pembeli ini bakal membantu bagaimana produk kita.

Bagaimana produk kita melibas persaingan dan tidak terjerumus pada perang harga, di sini ketika kita mengandaikan bahwa brand itu adalah manusia bagaimana manusia ini bagaimana brand ini di lihat oleh mata konsumen. apakah dia baik, hangat, supel, menarik. atau kah malah di jauhi karena reputasi yang tidak baik.

Kesimpulanya. 

Brand berfungsi untuk.

  • yang pertama : Meningkatkan loyalitas konsumen. bagaimana konsumen membeli lagi dan terikat dengan mrek atau pun produk kita. 
  • Kemudian yang ke dua. menjadi positioning pembeda. bagaimana kita keluar dari persaingan yang sangat ketat di lini produk yang sejenis kompetitor yg sejenis. 
  • kemudian yang ke tiga : membuat jalinan emosi antara brand kita dengan konsumen. 

Nah dengan mengetahui apa itu brand. fungsi brand dan bagaimana brand bekerja disini kita bisa melihat bagaimana brand itu membuat bisnis kita, membuat usaha kita menjadi berbeda menjadi lebih di kenal oleh konsumen.