Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Ekolokasi (Echolocation of Biosonar) ? dan Contoh Hewan Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi

Konten [Tampil]
Ada banyak kemampuan hewan salah satunya adalah ekolokasi. Echolocation of Biosonar adalah kemampuan untuk menentukan jarak atau lokasi objek berdasarkan pantulan suara. Istilah echolocation diciptakan oleh Donald Griffin yang berkolaborasi dengan Robert Galambos pada tahun 1938. Cara hewan menggunakan ekolokasi adalah dengan membuat suara dan suaranya adalah tentang benda-benda yang ada di sekitarnya kemudian melompat kembali sehingga hewan tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan ekolokasi. mengetahui jarak, lokasi, ukuran, bentuk dan bahkan tekstur suatu benda. konsep yang sama dengan ekolokasi digunakan oleh sonar di kapal digunakan untuk menentukan lokasi kapal lain dan untuk mengukur kedalaman laut.

Berikut beberapa hewan yang memiliki kemampuan gema:

1. Kelelawar

Kelelawar menggunakan echolokasi untuk bernavigasi di malam yang gelap untuk mencari mangsa atau serangga. Kelelawar memberikan gelombang suara menggunakan mulut atau hidung.

2. Paus dan lumba-lumba

Apa Itu Ekolokasi (Echolocation of Biosonar) ? dan Contoh Hewan Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi

  

Paus dan lumba-lumba menggunakan ekolokasi untuk menentukan arah saat berenang, mengetahui kedalaman laut, menghindari rintangan dan menemukan lokasi mangsa. Paus dan lumba-lumba tidak memiliki pita suara tetapi menghasilkan gelombang sonar dan gelombang ultrasonik. 

Post a Comment for "Apa Itu Ekolokasi (Echolocation of Biosonar) ? dan Contoh Hewan Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi"