Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Menarik Seputar Cheetah, Binatang Darat Tercepat di Bumi

Konten [Tampil]
Didalam dunia hewan memang sangat beragam dan berwarna terdapat berbagai jenis hewan yang hidup di alam bebas, dan ada juga yang diternakkan, keaneragaman hewan mempunyai beragam keunikan tersendiri dari mulai ukurannya ada yang besar dan kecil, dan mempunyai beragam kelebihan yang digunakan hewan untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan makanannya


Diartikel ini akan membahas hewan yang bernama Cheetah, hewan yang hidup dialam liar dan sangat terkenal dengan kecepatan larinya, kecepatan lari ini biasa digunakan untuk Cheetah untuk menangkap mangsanya karena Cheetah termasuk hewan karnivora atau memakan daging. berikut beberapa informasi menarik yang terdapat di cheetah

Informasi menarik dari cheetah

Cheetah termasuk dalam golongan Hewan kucing, kucing besar yang biasa ditemukan hidup dialam liar dan biasa menjelajah wilayah yang besar karena digunakan untuk bisa bertahan hidup dan mencari makanan di alam.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menarik dari Cheetah.

1. Hidup di savana


Hewan Cheetah memang kebanyakan biasa ditemukan hidup di ekosistem savana atau padang rumput yang ada di Afrika. Habitat asli binatang Cheetah ini memang sering ditemukan di benua Afrika dan jarang ditemukan di negara lain selain di Benua Afrika lain halnya di kebun binatang di luar Benua Afrika.

Padang rumput merupakan tempat pertarungan cheetah dalam mempertahankan hidupnya karena Ia sangat bergantung dengan hewan-hewan yang merumput di Savana. karena di Padang rumput terdapat berbagai hewan herbivora yang mencari makanan di sana

Contohlah Rusa.

Hewan Rusa menjadi makanan yang difavoritkan cheetah karena mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding hewan lainnya seperti kerbau, zebra atau wildebeest dan lain-lainnya, jika tidak Rusa Cheetah bisa membidik binatang muda atau kecil yang sekiranya dapat ditaklukkan Cheetah dengan mudah.

Cheetah merupakan Hewan sangat pintar dalam menyeleksi mangsanya. Jika sudah mendapatkan target hewan kecil menurutnya rentan dan mampu ditaklukkan dengan segera Cheetah akan menyerbunya.

2. Menjadi hewan darat tercepat di dunia

Kecepatan cheetah dalam berlari sangatlah luar biasa, cepat sekali. dan mampu mencapai kecepatan sebesar 100- 120 km/jam. (wikipedia.org).

Kencang kan?

Inilah yang dijadikan andalan Cheetah untuk bertahan hidup di dunia liar yang memerlukan kegesitan untuk mendapatkan makanan karena digunakan untuk mengejar mangsanya. namun cheetah tidak sembarangan mengumbar kecepatan larinya yang ia miliki, Cheetah lebih memilih untuk mengintai terlebih dahulu mangsanya, mendekat dan merapat, setelah jarak dengan mangsa dirasa tepat, barulah Cheetah menggunakan tenaga yang dimiliki untuk mengejar dan menaklukkan buruannya.

3. Cepat lelah

Dengan Kecepatan sekencang seperti itu tentunya dapat menguras banyak energi. Jika Cheetah gagal dalam mendapatkan mangsa, ia harus beristirahat untuk beberapa lama agar tenaganya dapat pulih dan bisa digunakan untuk mencari mangsanya lagi oleh karena itu Tenaganya harus penuh kembali.

Dan ia tidak dapat menjaga kecepatan dalam waktu yang cukup lama karena nantinya akan membuatnya semakin kelelahan. Karena itulah strategi lain seperti Pengintaian sangat dibutuhkan

Di atas sudah jelaskan bahwa cheetah lebih senang terlebih dahulu mengendus dan mendekat ke sasaran mangsa yang bakal ia terkam, daripada dari jauh sudah langsung mengejarnya. Pengintaian ini bisa membuat hewan yang ditarget terlena dan tidak menyadari adanya musuh yang mengejar dan tidak sadar bahaya mendekat.

4. Hidup menyendiri

Cheetah merupakan hewan yang hidup menyendiri dan bagi cheetah betina ia harus membesarkan anaknya-anaknya sendiri tanpa jantannya. Sekali melahirkan cheetah betina bisa melahirkan sebanyak tiga anak.

Ini merupakan tanggung jawab yang sangat besar.

Karena Yang lelaki sudah kabur entah kemana. 😀

Hidup di alam liar sangatlah menantang terutama untuk anak-anak cheetah yang masih kecil karena rawan menjadi sasaran keganasan predator lain seperti halnya singa atau hewan pemangsa lainnya. Anak-anak cheetah harus disembunyikan ke dalam tempat teraman yang tidak bisa dijangkau oleh predator lain.

Memang ada beberapa cheetah yang hidup bersama dengan cheetah lainnya, sehingga terdapat peluang hidup lebih besar jika bersama, tapi kebanyakannya cheetah lebih memilih hidup sendiri dan berkelana menjelajah alam untuk mencari makanannya.

Dibandingkan dengan singa. Singa lebih senang hidup berkelompok dengan jumlah kelompok lebih dari lima singa. karena berkelompok lebih mudah mendapatkan mangsanya. hewan besar seperti Kerbau pun diganyang..

5. Memakan mangsa harus cepat

Ketika berhasil mendapatkan buruannya, cheetah dengan cepat melahapnya atau memakannya, Perutnya harus diisi penuh dengan segera.

Mengapa terburu-buru?

Cheetah memakan buruannya karena terdapat Saingan banyak jika tidak segera maka nantinya akan direbut predator lain seperti Singa dan Hiena. Sebelum hewan buruan disambar pesaing atau hewan lainnya, Cheetah harus cepat melahapnya

Referensi :
wikipedia.org