Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Mitos Yang Paling Terkenal Di Indonesia

Konten [Tampil]

Inilah mitos yang paling terkenal dan paling dipercaya oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Tentu mitos tersebut yakni suatu kepercayaan oleh leluhur jaman terdahulu dan hingga sampai saat ini sering dipercaya oleh sebagian masyarakat. Lantas apa saja mitos yang banyak dipercaya oleh masyarakat. Berikut ini 30 Mitos Paling di Percaya di Indonesia. Yang kami rangkum dari berbagai sumber.

30 Mitos Yang Terkenal

1. Menyapu bersih. 

Tentu hal ini sering dilakukan oleh para wanita di Indonesia akan tetapi mitos ini juga berkaitan dengan menyapu bersih. Mitosnya begini menyapu bersih agar dapat jodoh tidak brewok. Mitos tersebut diyakini oleh leluhur terdahulu.

2. Bersiul di malam hari. 

Mitos ini juga dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Salah satunya ialah bersiul dimalam hari dapat memanggil setan. Sebagian orang mempercayai tentang hal ini Sehingga mereka mengetahui mitos ini tidak berani bersiul di malam hari atau di tempat yang angker.

3. Duduk di depan pintu. 

Mitos ini khusus bagi para remaja yang belum mempunyai pasangan suami istri. Terdapat mitos bahwa duduk di depan pintu maka dia sulit untuk mendapatkan jodoh. Mitos ini cukup terkenal hingga sampai sekarang.

4. Makan tidak habis. 

Mitos ini juga sering di dengar dari orang tua. Yakni makan tidak habis apabila memiliki ayam akan mudah mati.

5. Anak kecil bermain menjelang magrib. 

Mitos ini sering di bicarakan oleh masyarakat bahwa Anak kecil yang bermain saat magrib nanti diculik wewe gombel. Memang saat menjelang magrib hantu ataupun setan sudah berkeliaran, tentu hal ini bisa juga anak di ganggu oleh hantu.

6. Mandi malam. 

Mungkin anda sudah mendengar mitos tentang ini. Yakni apabila anda mandi di malam hari terkena penyakit rematik. Hal ini sering dipercaya dengan masyarakat ataupun oran tua yang mengatakan begitu.

7. Makan cekar Ayam. 

Mitos ini dikhsuskan bagi anak yang suka makan cakar ayam. Bahwa jangan makan cakar ayam jika makan maka tulisan akan jelek seperti cakar ayam.

8. Makan jantung pisang. 

Mitos ini juga cukup dikenal yakni anak tidak boleh makan jantung pisang. Kelak dia akan menjadi bodoh.

9. Memakai payung. 

Mitos ini sangat terkenal hingga sampai sekarang. Yakni jangan menggunakan payung dalam rumah sebab dapat menyebabkan kesukaran dalam hidup.

10. Tidur disore hari. 

Mitos ini juga dikenal di masyarakat bahwa tidak boleh tidur saat menjelang magrib sebab dia yang akan menjadi bodoh.

11. Posisi tidur. 

Mitos ini juga terkenal di masyarakat setempat bahwa tidak boleh tidur dengan posisi kepala berada di utara dan kaki di selatan sebab dapat mempercepat meninggal.

12. Mengigit bibir atas. 

Mitos ini sangat unik yakni jangan menggigit bibir atas sebab anda akan banyak hutang dalam hidup.

13. Mengigit kuku. 

Mitos ini juga di percaya oleh sebagian masyarakat bahwa menggigit kuku akan mengundang sial ataupun nasib buruk.

14. Membuang sisa makanan. 

Mitos ini juga masih banyak dipercaya bahwa kebiasaan membuang sisa makanan suatu saat nanti akan mengalami bentrok dengan keluarganya.

15. Memakai baju sambil berjalan. 

Mitos ini juga dipercaya oleh jaman dahulu bahwa memakai baju sambil berjalan Dapat menyebabkan tidak tercapainya cita cita.

16. Mengusap wajah. 

Mitos ini juga di yakini oleh sebagian masyarakat bahwa mengusap dengan baju susah untuk mendapatkan rezeki dan juga dapat dibenci orang lain.

17. Mencabuti Bulu alis. 

Mitos ini berlaku untuk perempuan yang suka mencabuti bulu alis Bahwa jika sering mencabuti bulu alis sendiri kelak akan kehilangan selera berhubungan suami istri.

18. Menyapu dimalam hari. 

Mitos ini juga dapat dikenal oleh masyarakat bahwa menyapu di malam hari dapat membuat susah untuk mencari rezeki.

19. Pamali Memotong kuku. 

Mitos ini juga terkenal di masyarakat tentunya di Indonesia. Bahwa memotong kuku di malam hari dapat membuat usianya lebih singkat.

20. Menjahit kancing baju. 

Mitos ini juga di kenal di masyarakat bahwa menjahit kancing baju saat masih di pakai bisa menimbulkan penyakit parah atau bisa gagal dalam usaha dalam beberapa bulan.

21. Mitos Mandi siang. 

Mitos ini juga dikenal yakni, jangan mandi di siang hari karena cepat mudah tua.

22. Makan otak. 

Mitos ini juga diyakini oleh sebagian orang tua bahwa Anak kecil jika memakan otak binatang dapat timbul uban sebelum tua.

23. Makan memakai tangan. 

Mitos ini juga dikenal di masyarakat bahwa makan memakai tangan dapat menyebabkan hidup menderita dan bagi wanita dapat menimbulkan kanker rahim.

24. Berfoto Bertiga. 

Masyarakat Indonesia sangat mengetahui tentang mitos foto bertiga ini bahwa foto bertiga yang ganjil akan cepat meninggal. Misalnya jika anda berfoto bertiga yang ganjil cepat meninggal (yang di posisi bagian tengah akan meninggal). Maka apabila orang tua yang mengetahui mitos tersebut pasti melarang anaknya untuk berfoto bertiga bersama teman temannya.

25. Bangun tidur. 

Mitos ini terkenal sekali dimasyarakat tentunya orang tua bahwa Jika bangun matahari sudah muncul diatas dapat menyebabkan rezeki hilang atau susah mencari rezeki.

26. Bulu mata rontok. 

Mitos ini sudah dikenal sejak jaman dahulu bahwa jika bulu mata jatuh itu bertanda bahwa ada orang yang kangen pada kita.

27. Mengintip orang sedang mandi. 

Mitos ini dikenal hingga sekarang ini bahwa mengintip orang mandi maka matanya akan bintitan.

28. Mengantongi batu. 

Mitos ini juga terkenal sampai sekarang Apabila anda sedang berada jauh tetapi anda ingin buang air besar tetapi tidak ada toilet Maka dengan mengantongi batu dikanan dapat menahan buang air besar lebih lama.

29. Kejatuhan cicak. 

Mitos ini juga terkenal di masyarakat bahwa kejatuhan cecak pertanda akan terkena sial.

30. Keramas. 

Mitos ini juga dikenal di masyarakat bahwa Jika wanita keramas di hari sabtu Dia akan mendapatkan suami penyiksa.

Mitos mitos tersebut merupakan mitos yang paling populer. di masyarakat jawa dan pada umumnya masyarakat indonesia. dalam orang orang yang percaya akan Mitos atau Pamali?