Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu ISIS? Berikut Asal-Usul ISIS

Konten [Tampil]
Apa itu ISIS? Berikut Asal-Usul ISIS
sumber : Voaindonesia.com
Banyak yang menanyakan pertanyaan seperti itu. karena organisasi ini bernama 'ISIS' banyak membuat orang terkejut. Jadi apa sebenarnya ISIS dan bagaimana ISIS dimulai?. Intinya, ISIS adalah organisasi yang menggunakan berbagai cara untuk mendirikan negara baru di wilayah yang kita kenal sekarang sebagai Irak dan Suriah. Jika kita mundur pada sejarah ISIS dulunya adalah organisasi Al-Qaeda Irak yang kemudian mengubah namanya menjadi ISIS. Pada awalnya, Al-Qaeda sendiri hanya sekelompok kecil pasukan didirikan oleh Osama bin Laden untuk melindungi Afghanistan dari serangan Uni Soviet. Al-Qaeda sendiri pada awalnya didanai oleh Kerajaan Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Kemudian, setelah misi untuk melindungi Afghanistan telah berhasil, Al-Qaeda masih hidup dan dapat terus beroperasi. Ironisnya, Al-Qaeda kemudian menyatakan perang terhadap teman lamanya Amerika Serikat. Singkatnya, bahkan Amerika Serikat telah berhasil menyerang Afghanistan, tapi Al-Qaeda sudah menyebar. pengaruhnya ke negara lain, termasuk Suriah dan Irak. Kemudian, ketika Amerika Serikat menginvasi Irak untuk menjatuhkan Saddam Hussein, Al-Qaeda Irak yang merupakan cikal bakal ISIS ini berperang melawan pasukan AS. Meski pada akhirnya, mereka kalah dan kemudian memutuskan untuk menyeberang ke negara tetangga, yaitu Suriah.

Kemudian di Suriah, Al-Qaeda Irak tidak bisa menjadi teman baik bagi Al-Qaeda Suriah. sampai Irak Al-Qaeda mengubah nama mereka menjadi ISIS dan sejak itu, berniat untuk mendirikan negara baru di Suriah dan Irak sesegera mungkin. Singkatnya, pada 2011, ketika perang saudara Suriah terjadi, ISIS bergabung dengan kelompok-kelompok militan Suriah untuk memerangi pemerintah Bashar al-Assad. Meskipun pada akhirnya, ISIS berbalik arah dan bahkan membuat Suriah lebih kacau. Meskipun demikian, ISIS tidak pernah melupakan asal-usul mereka. ISIS dibantu oleh kelompok Sunni Irak berhasil memerintah Irak utara dan mengambil kendali senjata militer canggih dan banyak sumber rig minyak yang merupakan alasan mengapa sampai hari ini ISIS sulit dikalahkan.

Ya, intinya adalah ISIS ingin mendirikan negara baru di Suriah dan Irak sesegera mungkin. dan berperang melawan siapa pun yang ingin memblokirnya. Tapi setidaknya, di sini, kita tidak perlu takut karena jika kita bersatu, kita bisa lebih kuat dari yang dapat dibayangkan ISIS.