Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dasar-Dasar Vitamin B12 dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Konten [Tampil]
Dasar-Dasar Vitamin B12 dan Manfaatnya Untuk Tubuh
Vitamin b12 hanyalah salah satu vitamin b esensial yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Cobalamin adalah nama alternatif untuk vitamin 12b. Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk sejumlah proses yang berbeda termasuk mengubah lemak, karbohidrat dan protein dari semua makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Salah satu proses terpenting yang diperlukan b12 adalah menciptakan sel darah merah yang sehat. Pencegahan penyakit jantung bergantung pada produksi sel darah yang sehat dan oleh karena itu vitamin B12 sangat penting. Vitamin b12 juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi pada efisiensi maksimum. Bukan hanya ini, tetapi vitamin B12 juga berfungsi membentuk pelindung dari semua sel saraf di tubuh.

Produksi sel darah merah bukan satu-satunya jenis sel yang dibutuhkan vitamin B12. Faktanya, semua sel dalam tubuh membutuhkan vitamin B12, termasuk sel darah putih dan sel saraf. Sel-sel darah putih adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan tanpa vitamin b12, efektivitas imunitas tubuh terhadap kuman dan virus sangat berkurang. Sel-sel saraf membutuhkan vitamin b12 untuk membuat lapisan lemak yang akan melindungi mereka dari kerusakan. Sel-sel otak sangat terbuka terhadap penyakit dan kerusakan jika vitamin B12 yang ada tidak cukup untuk membentuk lapisan pelindung ini.

Meskipun vitamin B12 terlibat dalam begitu banyak proses penting, jumlah harian yang direkomendasikan sebenarnya yang dibutuhkan tubuh cukup kecil. Faktanya adalah bahwa mayoritas orang mengkonsumsi lebih banyak vitamin B12 daripada yang dibutuhkan tubuh mereka. Satu-satunya masalah adalah bahwa tubuh tidak dapat menyerap vitamin B12 dengan sangat mudah dan harus membuat sendiri bantuan untuk proses tersebut. Faktor intrinsik yang diproduksi tubuh membantu tubuh untuk menyerap vitamin B12 yang dibutuhkannya dari makanan, tetapi ini masih berjumlah hanya setengah dari total vitamin B12 yang tersedia. Kekurangan dalam b12 sangat jarang terjadi pada kebanyakan orang dan dibuat lebih kecil kemungkinannya karena tubuh dapat mendaur ulang vitamin b12 yang sudah diserapnya.

Beberapa kelompok orang mungkin mengalami anemia karena kekurangan vitamin B12 dalam makanan mereka. Anak kecil sering mengalami masalah dalam mendapatkan cukup vitamin B12 karena mereka mungkin pemakan yang sangat cerewet dan penting untuk mendorong mereka untuk makan sebanyak mungkin variasi makanan. Ini tidak hanya terjadi pada vitamin B12 tetapi juga berlaku untuk semua vitamin dan mineral esensial.