Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Lengkap Tentang Apa Itu Kapitalisme

Konten [Tampil]

Kekayaan Properti, saham, konsumerisme. Mungkin ini adalah hal-hal yang muncul dalam pikiran orang ketika mereka berbicara tentang kapitalisme.

Tapi apa itu kapitalisme?

Kapitalisme, sistem ekonomi di mana. individu mengendalikan alat-alat produksi seperti modal, mesin, pabrik, dan dengan kepemilikan pribadi itu Bebas mempekerjakan pekerja untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Ketika kita berbicara tentang ekonomi, ada tiga pertanyaan utama yang perlu kita tangani. Pertama, apa yang harus diproduksi dan berapa?. Kedua, bagaimana seharusnya produk-produk itu diproduksi?. Dan ketiga, untuk siapa?. Menurut kapitalisme, individu dapat memutuskan apa yang harus diproduksi dan bagaimana dan untuk siapa.

Adam Smith adalah tokoh yang memperkenalkan kapitalisme. Dalam bukunya "The Wealth of Nations". Mengatakan bahwa "semua orang didorong oleh kepentingan pribadi" Dan ketika kita mencoba untuk memenuhi minat itu, kami akhirnya memenuhi yang lain. Ambil contoh pemilik restoran Dia memiliki modal seperti bangunan, kitchen set, Rempah-rempah dan banyak lagi. Saat dia memasak nasi goreng yang kita beli dan makan Apakah dia melakukannya untuk memberi makan kita? Tentu saja tidak. Dia melakukannya sehingga kami membeli produknya dan untung dari penjualan akan digunakan untuk memberi makan keluarganya sendiri. Dan kita tidak membeli nasi goreng itu karena ingin membayar untuk hidupnya Kita membeli nasi goreng itu untuk memenuhi selera kita, Kita bisa puas dan pemiliknya bisa sejahtera. Dan jika ada pemilik restoran lain yang ingin menjadi lebih makmur, lalu pemilik itu Harus membuat nasi goreng yang lebih baik dan lebih murah. Ketika ada persaingan antara keduanya,. Harga nasi goreng akan turun sementara kualitasnya meningkat.

Gagasan lain oleh Adam Smith adalah spesialisasi. menurut Adam Smith produktivitas akan meningkat ketika setiap pekerja fokus pada tugas tertentu alih-alih melakukan semuanya. Tahun 1913 Perusahaan Ford memproduksi separuh mobil di AS. Pemiliknya, Henry Ford. mengatakan bahwa ini mungkin Karena di pabriknya pekerja dibagi dalam segmen yang berbeda Dan para pekerja itu hanya fokus pada tugas tertentu seperti merakit jendela, ban, pintu dan lainnya. Akibatnya, produksi lebih cepat Dalam skala internasional. Smith percaya bahwa negara harus berspesialisasi Negara-negara yang pandai memproduksi makanan Seharusnya tidak repot-repot memproduksi mesin dan sebaliknya. Pada akhirnya perdagangan akan terjadi dan konsumen di seluruh dunia dapat menikmati produk dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau Karena ini terjadi tanpa arah. Kapitalisme menekankan pentingnya intervensi minimum pemerintah. Pemerintah seharusnya fokus pada hal-hal seperti pertahanan, infrastruktur, pendidikan, dan hukum.

Kapitalisme terjadi melalui sejarah tanpa perencanaan apa pun Akan tetapi dasar teori kapitalisme terjadi setelah ekonom mengamati fenomena ekonomi di sekitar mereka. Singkatnya kapitalisme adalah upaya ekonom untuk meletakkan landasan teoritis untuk fenomena ekonomi sehari-hari tidak seperti sosialisme. sosialisme muncul dari benak para ekonom yang mencari "alternatif" dari kapitalisme. Karena mereka menganggap kapitalisme sebagai sistem yang gagal.